SISTEM OPERASI PADA iOS

Apakah anda pengguna sistem operasi iOS? Bagi anda yan menggunakan iPhone, iPad, iPod, Mac, dan deretan produk appple lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi ini. Memang betul bahwa sistem operasi ini sangat berbeda dengan sistem operasi yang dimiliki oleh Android. Tapi disisi lain, banyak benefit- benefit dan fitur- fitur yang sangat fungsional untuk menunjang aktivitas loh. Apa saja ya diantaranya?

  1. Membuat File/ Folder Baru

This slideshow requires JavaScript.

Cukup mudah loh membuat folder baru di iOS. Kalian cukup bermodal nge-drag dan voila! Misalkan kalian ingin membuat satu folder tentang aplikasi- aplikasi yang punya kesamaan fungsi. Pertama, touch salah satu aplikasi yang ingin jadikan satu folder. Touch ini dilakukan agak lama sampai aplikasi- aplikasi terlihat “bergoyang” dan muncul tanda silang pada bagian kanan atas. Lalu, drag aplikasi itu (tahan sambil digeser) ke arah aplikasi yang ingin dijadikan satu folder. Tahan sampai terbentuk seperti window yang baru. Lakukan hal yang sama jika lebih dari dua aplikasi yang ingin dijadikan satu folder. Di bagian atas, anda bisa mengganti nama folder sesuai yang anda inginkan.

2) Manajemen File/ Folder

Nah yang pertama tadi, khusus untuk aplikasi. Ada juga nih untuk mengelola file- file untuk dokumen-dokumen. Untuk itu, anda perlu mengunduh applikasi baru di Application Store. Tenang saja, ini free. Caranya :

a) Buka Apps Store, lalu klik pada bagian search, dan ketik “file manager” dan klik search. Nah setelah menemukan “File Manager App” klik download. Dan tunggu hingga selesai download dan klik Open.

app-store

2. Menghapus Folder atau File

Karena di sistem operasi iOS sebetulnya jarang ditemukan pengelolaan data dan semacamnya jadi biasanya Folder atau File yang dikelola adalah berupa foto dan aplikasi. Banyak sebetulnya tools- tools yang disediakan apple untuk memudahkan penggunanya dalam menghapus file atau folder tersebut.

a) menghapus aplikasi

Pertama, touch aplikasi yang ingin anda hapus sampai ikon applikasi itu bergoyang, lalu klik tanda silang pada bagian kanan atas. Lalu, klik “delete”.

b) Menghapus file Foto atau Folder Album Foto

Klik applikasi “photos”. Ketika semua thumbnails gambar keluar, klik “select” pada bagian kanan atas, lalu klik pada foto apa saja yang ingin anda hapus. Foto yang dihapus dapat berjumlah lebih dari satu. Lalu, klik pada ikon tong sampah untuk menghapusnya. Atau, jika anda ingin langsung menghapus satu foto, anda bisa klik foto tersebut pada window “Camera Roll” lalu :

img_9012

Klik pada ikon tong sampah untuk menghapus foto tersbut. Lalu, untuk menghapus folder foto yang berupa album foto anda dapat mudah sekali melakukannya dengan :

Klik “Album” pada window “Camera Roll” lalu ketika anda bisa melihat semua album anda, klik “edit” pada bagian kanan atas dan akan muncul ikon berwarna merah seperti gambar dan klik ikon terbut lalu akan muncul dari sebelah kanan tombol “delete”. Klik “delete” dan anda menghapus album tersebut.

Pada jendela ini, anda dapat mengatur urutan album itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara seperti ini :

Misalkan anda ingin menggeser album ke atas, anda klik bagian ikon tiga garis lalu tahan dan drag album yang anda inginkan ke atas sesuai yang anda inginkan. Lalu lepas dan album dapat terurutkan sesuai keinginan anda.

3. Copy, Paste, Cut (Move), Rename File/ Folder

Klik bagian  bawah kiri yang dlilingkari. Lalu, anda bisa klik ikon “copy” untuk menggandakan foto yang anda inginkan. Anda juga bisa memilih lebih dari satu foto dengan mengklik bagian lingkaran pada bawah kanan foto (Gambar 2).

Lalu, bagaimana cara mem-paste foto tersebut? Langkahnya sangat mudah.

img_9023

Namun, karena keterbatasan iOS sebagai software, maka hanya bisa digunakan operasi “paste” untuk beberapa aplikasi. Misalnya pada notes, cukup klik agak lama ketika mengetik lalu anda klik “paste” dan setelah itu gambar dapat ter-paste.

4. Kompresi File atau Folder

Nah untuk yang satu ini, memang pada dasarnya iOS tidak menyediakan langsug tapi kita dapat mendownloadnya free langsung dari Application Store. Anda dapat search di bagian window search “Shrink Picture” dan anda bisa mendownload secara gratis.

5. Contoh Pembuatan Folder

Nah, karena biasanya di iOS terintegrasi dengan iTunes untuk pengelolaan file, akhirnya tidak selalu fleksibel dalam penggunaannya. Folder- folder yang dapat dibuat pun hanya dapat berupa folder gabungan aplikasi dan juga foto. Karena untuk membuat folder apllikasi sudah dijelaskan diatas. Saya akan menjelaskan bagaimana membuat album foto baru di sistem operasi iOS.

Anda cukup mengklik “select” untuk setiap foto yang ingin dijadikan satu folder lalu klik pada bagian bawah “add to”, nah klik bagian “New Album” dan anda bisa langsung memberikan nama pada album baru anda.

6. Utility Applications

Sebenarnya banyak sekali utility yang ditawarkan apple sebagai aplikasinya. Sebagai contoh ada :

a) Jam

img_9042

 Seperti pada bagian “World Clock”, anda bisa melihat waktu diberbagai belahan dunia. Anda juga bisa melihat perbedaan waktu dengan tempat yang anda tinggali.

Selain World Clock masih banyak lagi di applikasi jam yang iOS sediakan. Ada alarm, stopwatch, dan timer. Dalam penggunaannya sendiri juga banyak sekali manfaatnya. Misalnya, Alarm :

Applikasi Alarm ini bisa disesuaikan dengan keinginan anda, anda bisa membuat banyak opsi untuk jam berapa saja. Dan bisa di edit dengan mngklik tombol edit pada bagian kiri atas. Juga bisa di delete.

Lalu untuk stopwatch juga mudah dan fungsional sekali untuk dioperasikan. Anda bisa memilih waktu berapa saja.

img_9044

Lalu untuk stopwatch anda bisa juga melakukan lap.

img_9041

b) Calendar

Disini calendarnya dapat terintegrasi langsung dengan email anda. Anda juga bisa menciptakan reminder untuk tanggal- tangal tertentu sesuka hatinya.

c) Voice Notes

Anda bisa memilih applikasi Voice Memos untuk merekam suara. Anda juga me-clip langsung bagian yang anda inginkan dan juga bisa di pause saat lagi mengerekam.

d) Kakulator

Anda dapat menonaktifkan fitur rotate pada iphone atau ipad anda dan anda bisa menikmati fitur kakulator yang lebih banyak fungsinya.

Nah, begitulah sistem operasi pada iOS. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi anda semua 🙂

Leave a comment